Akankah Arsenal Akan Kembali ? Mungkinkah Arteta Berakhir Seperti Emery

Akankah Arsenal Akan Kembali ? Mungkinkah Arteta Berakhir Seperti Emery

“Kami mendapatkan kembali Arsenal kami!”

Itu berulang kali terdengar dari ujung tandang terakhir kali The Gunners melakukan perjalanan singkat untuk menghadapi Fulham di Liga Premier.

Unai Emery mendapat sorakan di luar lapangan pada sore yang cerah di London barat pada 7 Oktober 2018, setelah menyaksikan The Cottagers 5-1 setelah melihat penampilan gemilang di babak kedua termasuk gol yang dibuat dengan luar biasa oleh Aaron Ramsey musim ini.

Optimisme penonton bisa berhubungan. Mereka baru saja menyaksikan Arsenal yang kesembilan berturut-turut di semua kompetisi. Pendekatan baru Emery telah memberikan kehidupan baru ke dalam klub yang tersesat di bawah asuhan Arsene Wenger, dan sebagai konsekuensinya, tersingkir dari Liga Champions.

Untuk beberapa saat, saat para pemain dan penggemar bersama setelah peluit akhir, divisi yang menjadi simbol Arsenal selama tahun-tahun terakhir masa jabatan Wenger menghilang. Ada kesatuan lagi, perasaan bahwa sudut telah diubah.

Tidak ada spanduk, tidak ada protes dan tidak ada pesawat di mana pun yang terlihat. “Kami mendapatkan kembali Arsenal kami” adalah nyanyiannya. Dan untuk sementara waktu terasa seperti itu yang mungkin terjadi.

Tapi kemenangan di Craven Cottage terbukti salah. Tanda-tanda positif yang muncul di bawah Emery, yang ternama hingga periode, berita tersapu oleh gelombang negatif.

Akhir musim yang mengerikan, yang berpuncak pada tim asal Spanyol itu mencampakkan satu tempat di empat besar dan dihancurkan Chelsea di final Liga Europa, diikuti oleh awal yang sama buruknya di musim berikutnya.

Emery pergi saat Natal; dipecat, lebih dari orientasi setelah dia dipuji sebagai penyelamat.

Dan ketika Arsenal Bersiap untuk kembali ke Fulham untuk pertama kalinya sejak hari itu, apa yang terjadi pada pemain Spanyol itu seharusnya menjadi pengingat yang jelas Arteta Mikel tentang hal-hal yang dapat berubah dalam sepakbola.
Saham Arteta tidak bisa lebih tinggi sekarang. Dia mengambil bagian yang ditanggapi oleh Emery pada bulan Desember dan berakhir musim dengan mengangkat Piala FA di Wembley – semua dilakukan di tengah latar belakang pandemi virus corona.

Itu adalah rekaman yang luar biasa, yang sekarang telah melihat posisinya ditingkatkan.

“Mikel berada di sini sejak akhir Desember dan sembilan bulan terakhir mungkin sembilan bulan paling menantang dalam sejarah Arsenal – dan kami sudah ada selama 134 tahun,” kata kepala eksekutif Vinai Venkatesham, Kamis.

Hal lain yang jelas adalah bahwa sejak hari dia melewati pintu, dia melakukan lebih dari hubungan menjadi pelatih kepala kami.

Jadi, kami akan mengubah jabatannya ke depan. Dia akan pindah dari pelatih kepala menjadi manajer tim utama. Itu adalah pengakuan atas apa yang telah dia lakukan sejak hari dia berjalan di pintu, tetapi juga di mana kita melihat kemampuannya.

Apa yang dilakukan Arteta dalam waktu singkat sungguh luar biasa. Dia telah mengubah suasana di sekitar klub, memenangkan trofi melawan segala rintangan dan menyatukan kembali ruang ganti yang kecewa.

Tapi sekarang, saat ia memulai musim penuh di Emirates Stadium, orang berusia 38 tahun itu harus menghindari jebakan yang sama yang menyebabkan kematian pendahulunya.

Keberhasilan Piala FA tidak bisa sekejap mata. Kemenangan itu harus dibangun jika Arsenal ingin mulai menjembatani yang telah terbuka antara mereka dan saingan mereka di puncak Liga Premier – sesuatu yang diakui Arteta sendiri dengan bebas.

“Saya pikir itu terlalu dini,” katanya, ketika ditanya apakah Arsenal hampir kembali.

“Sangat menyenangkan bahwa kami dapat memenangkan trofi dan kami telah mengubah banyak hal di klub – tentunya segalanya terlihat lebih cerah – tetapi jalan masih panjang dan jarak yang saya bicarakan masih ada.

“Kami harus memastikan kami mengurangi musim ini sebanyak mungkin.”

Sejauh ini jendela transfer relatif positif bagi Arsenal. Mereka mendatangkan Willian dan Gabriel, dua dari target teratas mereka, dan kesepakatan kesepakatan untuk membawa Dani Ceballos kembali dari Real Madrid untuk satu musim lagi.

Mereka semua adalah pemain yang diinginkan Arteta dan ketiganya bisa terlibat di Craven Cottage, tetapi manajer Arsenal tahu dia membutuhkan lebih banyak sebelum jendela ditutup pada 6 Oktober.

Setidaknya satu gelandang lagi dipandang sebagai prioritas, dengan Thomas Partey dan Houssem Aouar rekomendasi ada dalam daftar keinginan klub.

Apakah mereka mampu untuk membeli ” harapan ‘pada kemampuan Arsenal untuk memindahkan pemain dalam beberapa minggu mendatang – sejauh ini terbukti sulit, dengan orang-orang seperti Mesut Ozil, Matteo Guendouzi, Mohamed Elneny dan Sokratis semuanya masih di klub.

Pasar yang menantang membuat pekerjaan Arteta semakin sulit. Dia memiliki gagasan yang jelas bagaimana dia ingin memajukan dan memajukan, tetapi dia perlu diberi alat untuk melakukannya.

Untuk saat ini, fokusnya hanya pada Fulham dan memulai musim dengan awal yang kuat, yang sangat penting ketika Anda mempertimbangkan Arsenal harus melakukan perjalanan ke Liverpool, Manchester City dan Manchester United selama tujuh pertandingan liga pertama mereka.

Craven Cottage telah menjadi tempat perburuan yang menyenangkan di masa lalu, karena kurang dari dua tahun lalu ketika tim Emery memukul Fulham selama lima kali, yang mengirim langkah lain ke arah yang benar untuk klub yang telah tersesat.

Ada tanda-tanda bahwa Arsenal sedang menuju jalur yang benar lagi di bawah Arteta, tetapi musim ini akan benar-benar memberi tahu kami apakah The Gunners benar-benar kembali.